Selasa, 01 April 2014

Manfaat Jahe Sebagai Obat

Wednesday, December 18th 2013. | Manfaat
Manfaat Jahe sebagai obat sudah diketahui sejak zaman dahulu kala. Jahe merupakan tanaman sejenis –temu – temuan dan tumbuh di daerah tropis serta subtropics. Jahe yang sering digunakan oleh masyarakat biasanya jahe gajah atau jahe badak, jahe kuning dan jahe merah. Jahe gajah atau jahe badak memiliki ukuran besar dengan daging berwarna kuning atau putih, rasanya tidak terlalu pedas.

Manfaat Jahe Sebagai Tanaman Obat

manfaat-khasiat-jahe
Tanaman Jahe ini merupakan favorit masyarakat international dan biasa digunakan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Sedang Jahe kuning, memiliki ukuran sedang sering digunakan sebagai bahan pelengkap dalam urusan memasak. Sementara Jahe merah merupakan jahe dengan kandungan minyak atsiri tertinggi dan rasanya pun paling pedas jika dibandingkan dengan jenis jahe yang lain. Jahe merah memiliki ukuran rimpang terkecil jika dibandingkan dengan jahe lainnya. Jahe merah merupakan jahe yang paling sering dimanfaatkan sebagai obat bagi manusia.
Jahe merah yang memiliki nama resmi zingiber officinale mengandung zat zingeron dan tannin , serta senyawa pendukung seperti shogaol, gingerol, minyak dammar, lemonin, minyak atsiri, oleoresin, asal aksolat, asam malat, pati, dsbnya. Dalam hasil penelitian, jahe merah memiliki kandungan senyawa yang sangat beragam dan senyawa tersebut merupakan obat alami yang bisa digunakan pada tubuh manusia. Manfaat Jahe sebagai obat antara lain,
1. Tanaman Jahe mampu mengobati penyakit Asma
2. Tanaman Jahe juga digunakan sebagai obat batuk
3. Tanaman Jahe bisa untuk meningkatkan produksi kelenjar getah bening
4. Tanaman Jahe sebagai penguat liver
5. Tanaman Jahe bisa mencegah terjadinya kemandulan
6. Tanaman Jahe bisa merangsang kinerja syaraf tubuh
7. Tanaman Jahe bisa mencegah dan mengobati rasa mual
8. Tanaman Jahe sebagai obat masuk angin
9. Tanaman Jahe sebagai bahan utama untuk minyak gosok
10. Tanaman Jahe bisa meningkatkan nafsu makan
Bagi penderita maag tidak dianjurkan mengonsumsi jahe karena sensasi panas dan pedas yang ditimbulkan akan memperparah kondisi lambung. Sementara bagi ibu hamil, mengonsumsi jahe merah akan membahayakan janin. Semoga artikel manfaat jahe sebagai tanaman obat bisa menambah wawasan anda.

 http://manfaatsehat.com/manfaat-jahe-sebagai-obat/

0 komentar:

Posting Komentar